Bulan Kitab Suci Nasional biasa disingkat BKSN merupakan suatu tradisi umat Katolik yang selalu dilaksanakan setiap bulan September. Kegiatan BKSN ini merupakan kegiatan yang dilaksanakn setiap tahun yang juga gerakan bersama gereja Katolik agar umat lebih mencintai Kitab Suci. Tema BKSN tahun 2023 ini adalah “Allah Sumber Kasih dan Keselamatan”. Allah menjadi kekuatan bagi umatNya. Kasih Allah tidak dibatasi oleh ruang maupun waktu.

 

SD Strada Santa Maria bagian dari sekolah Katolik, mengawali BKSN dengan ibadat pembukaan BKSN pada hari Jumat, 1 September 2023 di halaman sekolah dari pukul 06.50-07.45. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh  Bapak Ibu Guru dan siswa-siswi SD Strada Santa Maria.

Kegiatan ibadat diawali dengan perarakan perwakilan dari kelas I sampai VI dengan membawa lilin dan Kitab Suci menuju altar dengan diiringi lagu “Hari Ini Kurasa Bahagia”. Ibadat dipimpin oleh Ibu Martha Marsini, S.Pd.

Bacaan Injil dalam ibadat pembukaan BKSN diambil dari Injil Matius 16: 21-27. Dalam homili Bu Martha menyampaikan kepada anak-anak agar bisa menjadi murid Yesus harus mau menyangkal dirinya dan memikul salib. Memikul salib berarti rela menderita karena taat kepada Yesus. Selain itu Bu Martha juga mengingatkan kepada anak-anak tentang Petrus yang menjadi batu sandungan bagi Yesus karena Petrus melarang Yesus untuk menderita. Petrus memiliki niat baik, Petrus tidak ingin Yesus menderita. Petrus tidak tahu bahwa dengan menderita, sengsara, dan wafat, sebenarnya Yesus ingin melakukan kehendak Allah.  Bu Martha mengajak kepada kita semua untuk berusaha  mengetahui dan melakukan rencana dan kehendak Allah dalam hidup kita.

Kegiatan yang akan dilakukan di SD Strada Santa Maria selama BKSN tahun 2023 yaitu membaca dan merenungkan Kitab Suci setiap hari 5 – 10 menit sebelum KBM dimulai dan  lomba-lomba. Semoga melalui berbagai kegiatan selama BKSN iman seluruh warga sekolah semakin tumbuh dan berkembang sehingga bisa menjadi murid Yesus  dan mendapatkan keselamatan dari Allah.

Kegiatan Ibadat Pembukaan BKSN dapat  berlangsung dengan penuh hikmat dan lancar. Seluruh petugas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Berikut adalah daftar seluruh petugas Ibadat Pembukaan BKSN tahun 2023.

Pemimpin Ibadat    : Ibu Martha Marsini, S.Pd.

Putra Altar             : Matheo Ramada Prastika,William Gates, Arvemo Navigius Samuels, dan

Gregorius Rafael Gusrianda

Komentator           : Ibu Kitin Kadmirah, S.Pd.

Lektor                    : Aurora Ester Lia

Dirigen                  : Ibu Meriana Nitti, S. Pd.

Koor                      : Peserta Ekstra Padus

Pembaca Doa Umat :

  1. Victoria Maureen Athena : Kelas 6A
  2. Juan Friederich : Kelas 5B
  3. Benedicta Lintang Ratnaning Wikan : Kelas 5C
  4. Zita Evelyn Salasika: Kelas 5A

Pembawa Lilin dan Kitab Suci

  1. Kelas I A : Mikael Joviandrei Yunanto dan Belicia Valery Oktasada Sinabariba
  2. Kelas I B : Gevio Avner Tedja dan Theresia Btari
  3. Kelas I C : Walterus Gaetama Kei dan Hanna Anindya P.
  4. Kelas III A: Sean Fanden Johan dan Shaelyn Jevanya Wijaya
  5. Kelas III B: Gladys Emilia Palalero dan Bonifasius Gultom
  6. Kelas III C: Theodorus Daniswara Wijaya dan Yoana Valois Rifanska
  7. Kelas IV A: Charise Stelliba Hans dan Mikael Hansel Ruslie
  8. Kelas IV B: Marsellinus Seto dan Maria Jessica
  9. Kelas IV C: Maria Viona dan Alvaro
  10. Kelas V A : Bernardino Banu dan Cadenzi
  11. Kelas V B : Yosef Bayu Brotoseno dan Agnesia Viola Nahak
  12. Kelas V C : Emmanuel Rawisrengga Wijaya
  13. Kelas VI A: Marina Anindita dan Rafael Bintang Mahaputra Pamuncar
  14. Kelas VI B: Mikhaella Audrey Hatasura dan Christian Tri Kencana
  15. Kelas VI C: Ignatius Abisatya I.P. dan Chloe Annabelle M.

                   

       

Semoga dengan adanya kegiatan Ibadat Pembukaan BKSN tahun 2023 ini, seluruh warga SD Strada Santa Maria semakin mendalami Sabda Tuhan sehingga bisa lebih dekat dengan Tuhan.

Selain itu semoga kita semua semakin setia dalam menjalankan tugas dan panggilan sebagai orang Katolik dan murid Yesus Kristus, yang selalu percaya bahwa Allah adalah sumber kasih dan keselamatan. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

 

Penulis:

S.A Muryanti

 

Sebarkan artikel ini