Salam Sehat!

Tangerang, 27 Oktober 2021

Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dalam rangka untuk meningkatkan kesehatan anak sekolah salah satunya dengan adanya kegiatan BIAS. Melalui kegiatan BIAS/Bulan Imunisasi Anak Sekolah diharapkan anak-anak dapat tumbuh dan berkembang menjadi sehat. Karena pada usia anak-anak masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Kegiatan BIAS bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kematian, dan  kecacatan akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imuninasi.

 

Kegiatan BIAS di kota Tangerang dilaksanakan secara bergiliran. SD Strada Santa Maria mendapat jadwal untuk kegiatan BIAS pada hari Rabu, 27 Oktober 2021. Peserta BIAS kelas I. Sasaran ada 109 siswa.  Jenis imunisasi yang diberikan adalah MR (Meales Rubella)/ campak.

    

Manfaat dari kegiatan BIAS ini adalah untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit campak. Selain hal tersebut imunisasi ini diberikan untuk merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

 

Kegiatan BIAS dimulai dengan memberikan surat edaran pemberitahuan dan persetujuan imunisasi kepada orang tua siswa, kemudian orang tua membuat surat persetujuan tentang imunisasi dan dikirim ke sekolah.

Sekolah mendata surat yang sudah dikirim dari orang tua, baik yang menyetujui maupun yang tidak menyetujui anaknya yang akan diimunisasi. Dari sasaran imunisasi 109 siswa yang menyetujui untuk diberikan imunisasi ada 90 siswa dan yang tidak menyetujui ada 19 anak.

 

Untuk menghindari kerumunan di masa pandemi  covid 19 ini siswa yang akan diimunisasi dibagi menjadi 3 kelompok dalam pelaksanaannya. Kelompok I kelas 1A pukul 08.00- 09.00 sasaran 29 siswa. Kelompok II kelas 1B pukul 09.00 – 10.00 sasaran 30 siswa. Kelompok III kelas 1C pukul 10.00 -11.00 sasaran 31 siswa.

BIAS di SD Santa Maria disambut dengan antusias oleh anak-anak. Mereka kelihatan senang datang ke sekolah dengan didampingi orang tua. Kegiatan BIAS dimulai dari ketika anak datang melakukan cek suhu, mencuci tangan, pengecekan data, pencatatan suhu, menunggu antrean,dan kemudian imunisasi dengan Tim BIAS.

 

Sebelum imunisasi dokter memeriksa gigi, telinga dan kuku kepada anak-anak kemudian dilakukan imunisasi. Dokter dari tim BIAS juga meminta anak-anak setelah diimunisasi menunggu selama 15 menit, jika tidak ada keluhan baru diperebolehkan pulang.  Anak-anak kelas I saat diimunisasai sangat berani dan sangat luar biasa sehingga guru-guru dan tim petugas BIAS dalam melaksanakan imunisasi tanpa ada kendala. Walaupun ada beberapa anak yang belum berani untuk diimunisasi. Namun setelah didampingi oleh guru dan orang tua anak-anak tersebut berhasil diimunisasi.   Maka dari jumlah sasaran 109 siswa yang berhasil diimunisasi 84, dengan jumlah capaian 77 %.

 

Puji Tuhan berkat kerja sama guru-guru SD Santa Maria dan tim Bias dari Puskesmas Sukasari Tangerang kegiatan BIAS di SD Santa Maria dapat berjalan tertib dan lancar.

 

Semoga dengan adanya BIAS anak-anak selalu sehat dan dapat menjadi generasi kuat dan tangguh. Tetap semangat, tetap menjaga kesehatan, terus patuhi protokol kesehatan dan Tuhan selalu memberkati.

Salam AMDG!

Penulis : Fransiska Sihnowati, S.Pd.

 

 

Sebarkan artikel ini