Selama terjadinya pandemi Covid-19 SD Strada Santa Maria melaksanakan pembelajaran secara daring dari rumah masing-masing dengan menggunakan media online. Berbagai sarana dan prasarana disiapkan guna terlaksananya pembalajaran daring yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa untuk tetap belajar meskipun di rumah masing-masing.

 

Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang No. 800/Kep.0437-Dispendik/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Penyelenggara Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) di masa pandemi tahap 1 Jenjang Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022, SD Strada Santa Maria adalah  sekolah yang ditunjuk dan ditetapkan sebagai sekolah yang harus menyelenggarakan PTMT.

 

Berbagai persiapan dilakukan guna terselenggaranya pembelajaran tatap muka terbatas diantaranya studi lapangan ke SD Strada Nawar Bekasi guna melihat secara langsung dan belajar bagaimana PTMT dilaksanakan, menyediakan sarana prasarana sesuai dengan protokol kesehatan, menghadirkan orang tua siswa SD Strada Santa Maria yang berprofesi sebagai dokter guna membantu memberikan informasi, saran, dan masukan dalam persiapan PTMT, sampai tebentuknya “Tim Dokter SD Strada Santa Maria”.

 

Penunjukan SD Strada Santa Maria untuk melaksanakan PTMT oleh Dinas pendidikan Kota Tangerang merupakan kebanggaan seluruh warga SD Strada Santa Maria. Sekolah yang ditunjuk untuk dapat melaksanakan PTMT adalah sekolah yang telah memenuhi standar protokol kesehatan baik dari segi pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah vaksin 2 kali, sarana prasarana, serta semua kelengkapan yang diperlukan PTMT termasuk surat-surat kepada pihak terkait.

 

Beberapa hal yang dilakukan sekolah, sehingga SD Strada Santa Maria layak untuk melaksanakan PTMT antara lain:

  1. Menyiapkan dan memastikan pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa siap PTMT.
  2. Menyiapkan sarpras sesuai instrumen, baik instrumen dari Perkumpulan Strada maupun dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang.
  3. Membuat SOP untuk semua pihak terkait pelaksanaan PTMT.
  4. Tim verifikator memastikan keadaan sekolah sesuai instrumen.
  5. Mengajukan surat rekomendasi kepada Kecamatan Tangerang
  6. Menjalin kerjasama dengan dinas Puskesmas setempat
  7. Mengajukan surat perijinan pelaksanaan PTMT kepada Direktur Perkumpulan Strada sesuai SK dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang.
  8. Melakukan sosialisasi kepada orang tua siswa
  9. Mengadakan survei penyelenggaraan PTMT kepada orang tua siswa,
  10. Mendata para siswa yang diijinkan untuk mengikuti PTMT.
  11. Mengumpulkan surat pernyataan dari orang tua siswa tentang persetujuan PTMT.

Berbagai proses dan persyaratan dipenuhi agar  sesuai standar persyaratan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka terbatas. Sehingga PTMT berlangsung aman dan nyaman untuk semua.

 

PTMT yang dilakukan setiap siswa di sekolah bukan hanya untuk mendapat poin belajar terkait materi pelajaran belaka namun juga mendapat nilai penting bersosialisasi satu sama lain dalam kehidupan, lewat bersosialisasi ini juga kepribadian siswa yang baik akan terbentuk. Bersosialisasi dengan kawan sebaya setelah sekian lama terpisah karena pandemi akan memupuk rasa peduli satu sama lain, pelajaran sosialisasi semacam ini tentunya di dampingi dengan catatan tetap dilakukan terbatas dan penuh pengawasan protokol kesehatan. selain itu, lewat bersosialisasi inilah setiap siswa mampu menumbuhkan rasa percaya diri ketika bertemu dengan teman-temannya dan lingkungan sekolah yang sudah lama tidak dirasakannya belajar pun akan lebih menyenangkan.

 

PTMT di SD Strada Santa Maria mulai dilaksanakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021. Dalam pembelajaran PTMT dilakukan dengan model blended learning. Dalam pembelajaran ini para siswa yang hadir ke sekolah belajar bersama dengan teman-teman mereka di rumah masing-masing dengan menggunakan media online.

 

Pelaksanaan PTMT SD Strada Santa Maria berjalan dengan lancar dihadiri oleh Bapak Aat Gunardi, M.AB kepala bagian kesiswaan Kota Tangerang, Kepala Cabang Strada Tangerang Bapak Matias, Pengawas TK/SD Strada cabang Tangerang Bapak Florentinus Heri Prasetyo, S. Pd, dan petugas satpol PP. Semua unsur memberikan dukungan dan memastikan pelaksanaan PTMT sesuai prosedur yang diharapkan.

     

Pelaksanaan PTMT di SD Strada Santa Maria berlangsung tanpa kendala yang berarti. Dukungan dan kerja sama dari orang tua siswa berperan penting dalam  terselengaranya PTMT di SD Strada Santa Maria. Semoga pandemi segera berakhir dan kegiatan pembelajaran dilakukan dengan perasaan nyaman dan aman.

   

Penulis : Elisabeth Supartiningsih,S.Pd

 

Sebarkan artikel ini